Minggu, 28 Februari 2010

Langkah Jaringan Peer To Peer

Jaringan Peer to peer merupakan Suatu sistem yang menghubungkan dari ujung satu ke ujung lainnya. Lalu dari ujung satu ke ujung lainnya tersebut harus saling berhubungan dan mengarahkan suatu lalulintas komunikasi informasi yang biasanya jaringan peer to peer di gunakan untuk berbagi pakai atau sharing dataa antar komputer yang ada dalam jaringan.

Koneksi pada Peer To Peer membutuhkan kabel UTP dengan kabel Cross.Kabel UTP membutuhkan konfigurasi, pada ujung pertama kabel butuh konfigurasi Stright dan ujung ke -2 butuh konfigurasi Cross.Lalu pasang kabel UTP dan Cross pada kedua koputer tersebut pastika LAN CARD dan ETHERNET CARD sudah terinstalisasi dengan baik.Lalu buat stting IP tetapi nama IP adress tidak boleh sama ( PC pertama = 192.168.0.1 dan PC kedua = 192.168.0.2 SUBNET MASK boleh sama 255.255.255.0 )


Klik start - setting - cari network connections-klik kanan local area conections - properties pada jendela local area connections pilih internet Protoocol (TCP/IP) - klik tab properties dan pilih use the following IP.( seperti saya jelaskan tadi IP tidak boleh sama).

Setelah anda selesai instal anda bisa mengkoneksikan dengan menuRUN - klik Start - Run - Ketik IP address yang anda buat bila reply maka koneksi SUKSES.
kemudian yang perlu dilakukan adalah Menghubungkan Komputer.

Langkah-Langkahnya adalah

Masukkan kabel satu ke lubang konektor RJ-45 pada LAN Card komputer 1 dan ujung kabel lainnya ke LAN Card di komputer 2.Lalu anda harus perhatikan pojok kanan yang ada dibawah kedua monitor komputer, pada icon Local Area Connection akan di memperlihatkan proses pencarian keberadaannya komputer lain dengan mengcari atau mengenali IP Addres masing-masing komputer yang telah anda buat tadi. Jika BERHASIL ataupun SUKSES maka tanda silang pada icon Local Area Connection akan hilang.

Refrensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer

http://www.untukku.com/artikel-untukku/sekilas-tentang-jaringan-peer-to-peer-untukku.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar