Sabtu, 13 Februari 2010

Pengenalan Sistem Operasi Jaringan

Sistem Operasi Jaringan atau Network System Operating adalah suatu system operasi yang dapat menangani jaringan.Sistem operasi jaringan ini terkenalnya d tahun 1980-an sampai 1990-an

Contoh Sistem Operasi Jaringan, seperti :

* Novell Netware
sebuah sistem operasi jaringandigunakan dalam komputer IBM-PC atau kompitebelnya .lalu netware diganti dengan nama open enterpris server (OES).

* Windows NT
sebuah sistem operasi 32-bit dari microsoft yang menjadi leluhur sistem opersi indows 2000, windows XP,serevr 2003 dan vista.sistem operasi ini didukung oleh Platform mikroprosesor.

* UNIX
Sebuah sistem operasi yang memiliki standard dunia yang bersifat terbuka sehingga dapat mengembangkan aplikasi dapat berjalan disemua platformUNIX yang mengikuti standard yang ada.

* Linux
Linux adalah sistem operasi komputer yang berbasis dan mirip dengan unix
sekarang Linux bisa diperoleh dari distribusi yang umum digunakan seperti, redhat,debian,Slackware, Caldera, Turbo Linux dan lain-lain.


Sistem operasi jaringan memiliki 2 tipe jaringan komputer:

1. jaringan peer to peer

adalah jaringan yang dapat berkomunikasi dengan menggunakan komputer secara langsung tanpa komputer perantara.selain itu jaringan peer to peer memepunyai kemampuan untuk bekerja sendiri dari jaringan tersebut sumber daya terbagi dari komputer terhubung kejaringan berupa perangkat keras, perangkat lunak dan datanya.

2. jaringan client/server

adalah komputer berfungsi sebagai server lalu pada komputer lainya berfungsi sebagai client.lalu komputer server itu bertugas melayani komputer yang ada dijaringan dan melayani permintaan - permintaan dari komputer workstation mengontrol hubungan komputer lainnya sedangkan komputer client bertugas menerima layanan dari komputer server.Untuk membangun suatu jaringan client-server seperti komputer dihadikan ssuatu pusat data yang di sebut file-server.komputer tersebut sebagai tempat bekerjanya dan harus ada peralatan jaringan dan media penghubung antarkomputer.


Referensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi_jaringan
http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-sistem-operasi-komputer-operating-system/
http://andibagus.blogspot.com/2008/03/sistem-operasi-jaringan.html
http://iboed.ifastnet.com/?page_id=11
http://id.wikipedia.org/wiki/Novell_NetWare

Tidak ada komentar:

Posting Komentar