Rabu, 31 Maret 2010

Penalaran Induktif

Penalaran Induktif adalah Proses bernalar untuk menarik kesimpulan berupa prinsip atau sikap berlaku khusus untuk mengambil kesimpulan secara umum.

Penalaran ini dibagi 3 :

1. Generalisasi
Generalisasi adalah suatu proses penalaran seara induktif yang didasarkan pada peristiwa atau fakta yang memiliki kebanaran dapat mewakili suatu bagian dan tanpa pengecualian.

Contoh :
a. Suadara perempuan saya menabrak seorang anak kecil didepan rumah kemarin.
b. Ketika kebali dari belanda nyonya aline nabrak pintu garasinya.
c. Tiang lampu dipanggir jalan itu tumbang ditabrak oleh seorang gadis yang mengendarai sedan merah.

2. Analogi adalah suatu proses bernalar secara induktif dengan cara membandingkan 2 hal berbeda namun memiliki persamaan bentuk dan fungsi.

Contoh :
Ular, buaya, Cicak dan sebagainya termasuk jenis hewan melata sebagaimana jenis binatang lain binatang-binatang tersebut memerlukan air begitu juga tumbuh-tumbuhan. misalnya, bunga, kelapa sawo dan karet. manusia sangat membutuhkan air manusia tumbuh-tumbuhan dan binatang sangat membutuhkan air.

3. Kausal adalah suatu berproses berbnalar secara induktif yang mana peristiwa - peristiwa ketergantungan apabila yang satu sebagai akibat dan yang lain sebagai sebab.

contoh :
Banjir yang berlangsung hanya berlangsung kurang lebih 4 jam itu menelan puluhan korban jiwa dan harta. daerah yang selama ini tidak pernah dilanda banjir kini terkena banjir. Tanggul kokoh dengan bangunan beton itu bobol beberapa meter dan air tidak mengenal ampun.
Pola pengembangan hubungan makna pada paragraf diatas adalah sebab akibat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar